Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Aplikasi Huruf Pego




Islam mengajarkan kepada umatnya untuk membaca, dalam artian membaca dalam konteks pemahaman, penghafalan maupun penerapan. Untuk itu tidak heran banyak sekali karya-karya teori-teori keagamaan baik dalam keilmuan feqih, keilmuan tauhid, keilmuan akhlaq dan keilmuan alat (tata bahasa). Biasanya buku-buku tersebut berbahasa arab, tanpa harakat dan menggunakan kertas kuning sehingga buku-buku itu kebanyakan disebut sebagai kitab kuning

Seiring dengan perkembangan zaman, kitab kuning ini banyak ditinggalkan karena cara pengartiannya menggunakan huruf pego(huruf arab berbahasa jawa) sehingga kebanyakan orang lebih memilih membaca buku terjemahan dari pada membaca seperti kitab kuning, padahal jika dilihat dari sisi lain bahwa didalam membaca dan memahami  kitab kuning menggunakan huruf pego lebih detail dari segi pemahaman konsepnya daripada menggunakan terjemah, karena pemahaman pada kitab kuning menggunakan huruf pego lebih menekankan pada pemahaman  struktural tata bahasa, hal itu terbukti bahwa masih banyak buku dari terjemahan bahasa Indonesia terdapat pengurangan atau penambahan isi konsep yang dikehendaki pada kitab/buku yang asli, disadari maupun tidak pengertian dari terjemah adalah pengalih pindahan antara bahasa satu dengan yang lain (kitab fayyidul khobir:27), dari pengertian tersebut perlu adanya konsep dan pemahaman baru dalam memahami kitab kuning.
Huruf Pego merupakan huruf yang berbentuk huruf arab yang berbahasa jawa, salah satu kelebihan dari huruf pego diantaranya kaya akan kosa kata penamaan. Untuk itu, dengan kemajuan teknologi seperti ini maka perlu adanya sebuah media untuk mempelajari huruf pego ini dengan harapan huruf pego ini dijadikan sebagai pembelajaran yang cepat dan mudah dalam membaca dan memahami kitab kuningi tanpa takut mengurangi atau menambahi isi konsep kitab/ buku yang asli.
Dari beberapa alasan-alasan diatas maka Penulis membuat sebuah proposal skripsi yang berjudul “PERANCANGAN PROGRAM HURUF PEGO PADA KITAB KUNING MENGGUNAKAN VB 6.0 ”, dengan harapan pengetahuan dan pemahaman akan ilmu agama dari sumber yang asli tidak berkurang maupun tidak ditambah.
 
Diatas merupakan latar belakang penulis membuat program aplikasi akan tetapi Jika anda menginginkan laporan skripsi dalam bentuk lengkap.beserta Program aplikasinya..klik disini