Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suka Duka Membuat Software administrasi Keuangan

Sudah lama tidak nulis di blog ini, hampir setahun yang lalu, tapi kali ini ingin nulis kisah suka duka membuat software administrasi keuangan di salah satu sekolah di sidoarjo, gini ni ceritanya.
awalnya tidak kepikiran buat software administrasi keuangan tapi suatu ketika bapak Kepsek di tempat aku mengajar memanggil 4 mata ke kantor beliau ( waduh 4 mata, grogi ). beliau curhat tentang keinginan beliau untuk lebih memajukan sekolah dengan adanya fasilitas IT mulai dari intern dulu, dengan alasan beliau akan akreditasi ( sekolah ini baru berdiri 3tahun yang lalu), setelah berbincang-bincang lama dan sengit :-) ( kayak perang aja hahahhaha)


Akhirnya saya menarik kesimpulan bahwa sekolah ini butuh administrasi keuangan secara komputerisasi, ok pak SIAP ( kataku ), beliau memberikan jangka waktu 3 bulan lamanya untuk pengerjaan training dan  trial, error. akhirnya tepat akhir bulan Agustus kemarin selesai juga dan bulan ini masa training dan error, trial nya. ini penampakannya sobat


Nah ini form login nya sobat, kalo udah diklik login akan keluar penampakannya


Maaf ya sobat, nama sekolahnya saya tutup :-)
di dalam software ini dapat mengerjaan beberapa untuk membantu seorang administrasi sekolah yaitu :
  1. Pembayaran SPP, atribut atau pembayaran sekolah yang lain secara komputerisasi
  2. dapat melihat data siswa yang bayar maupun mempunyai tunggakan
  3. terdapat manajemen administrasi yang komplek dalam hal ini terdapat 3 tingkatan yaitu administrator, kepsek dan tu
  4. adanya laporan secara global selama 1 tahun bagi siswa yang membayar maupun mempuyai tunggakan
  5. dll buanyak deh
Suka Dukanya :
  1. Sudah lama tidak belajar koding eh sekarang buat koding lagi
  2. Kesulitan mencari alur pembayaran yang tepat karena sekolah baru sobat
  3. Training ke TU super kuduk sabar sobat. karena basis orangnya tidak tau komputer :-)
  4. Penuh perjuangan buka-buka buku lagi, baca baca lagi
  5. Lihat kanan kiri, cari di internet refrensi yang pas untuk software ini
Software ini saya buat dengan database Mysql dan  menggunakan PHP sebagai pengembangnya, sedangkan webserver nya menggunakan Apache. Mysql menurut saya performance nya cukup untuk data sekolah, dengan beberapa kemudahan yang diberikan saya rasa menggunakan Mysql memberi kepuasaan tersendiri ( apa mungkin open source itu yak :-) )

PHP merupakan salah satu bahasa penrograman yang cukup handal dalam pemrograman web server ( berbasis jaringan ) selama saya menggunakan PHP hampir secara kecepatan dan kemudahan dalam pemrograman cukup diajungi jempol, hampir setiap aplikasi yang saya buat dari pemrograman PHP saya tidak menemukan kendala akan tetapi walaupun begitu terdapat pula kekurangan ( ya yang namanya buatan manusia pasti ada kekurangan bukan ? )

Walau demikian PHP menurut saya cukup mengobati keresahan dan kegundahan saya untuk membuat program aplikasi berbasis Web Server. Itu saja Suka dukanya ya. barangkali ada yang order software ini silahkan kunjungi di IG aira https://www.instagram.com/aira.sda/

Sekian ya sobat. moga bermanfaat bagi sobat semua..pesan ane JANGAN PERNAH BERHENTI BELAJAR WALAU USIA TIDAK MUDA LAGI

trima kasih sudah mampir ke blog ane Pesan Sekarang