Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Paradigma Pendidikan Dan Paradigma Pembelajaran

Paradigma Belajar - Ahmad Syafii,S.Kom,S.Pd

ahmadsyafii.my.id - Paradigma pendidikan dan pembelajaran akan berubah sesuai dengan perkembangan dan perubahan globalisasi dan perubahan informasi karena didalam pendidikan dan pembelajaran sebuah proses terbentuknya perilaku dan tahapan-tahapan berfikir yang menyesuaikan dari berbagai perkembangan teknologi, kultur budaya dan sosial yang berkembang secara global sehingga paradigma pendidikan dan pembelajaran ini akan selalu bergerak lurus dengan perkembangan dan perubahan globalisasi dan perkembangan teknologi informasi saat ini. Seperti contoh dalam kegiatan pendidikaan disekolah saat ini bahwa peserta didik dan guru mau tidak mau dengan pandemi covid-19 saat ini melakukan banyak inovasi pembelejaran diantaranya penugasan mandiri online, penugasan struktural online atau pemebalajran daring dan seterusnya sehingga keberadaaan perubahan globalisasi dan informasi saat ini akan berperngaruh dan bahkan dapat membantu dalam proses kegiatan belajar mengajar di dunia pendidikan.

Analisis saya tentang Paradigma Pendidikan dan Pembelajaran pada era Globalisasi saat ini yaitu : Paradigma pendidikan dan pembelajaran merupakan sebuah proses untuk mencapai tujuan. Tujuan yang dimaksud adalah adanya tantangan dan perubahan globalisasi yang tidak bisa dihindari keberadaannya. Sehingga kebutuhan dan berbagai rintangan akan kebutuhan pembelajaran dan pendidikan sangatlah dibutuhkan dalam era saat ini. Berbagai kecanggihan teknologi saat ini bisa jadi merupakan alat bantu dan media untuk mencapai tujuan itu, sehingga dalam hal ini sangat dibutuhkan proses dan pembelajaran sehingga kebutuhan manusia akan penegtahuan sebagai makhluk sosial dapat terpenuhi dengan baik. Paradigma pendidikan dan pembelajaran bukanlah menjadi penghalang akan perubahan globalisasi dan informasi akan tetapi justru paradigma pendidikan dan pembelajaran akan menjadi pondasi awal dalam membangun karakter, pengetahuan dan kemantapan hidup manusia untuk mengarungi kehidupan di era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju saat ini. Pendidikan menjadi garda terdepan dalam membentuk dan memberikan sajian yang snagat memabntu dalam setiap kehidupan manusia, karena setiap manusia yang hidup pasti membutuhkan keterkaitan akan ilmu pengetahuan sehingga pengetahuan menjadi hal yang mendasar dalam setiap kehidupan manusia.
Jika perkembangan teknologi dan infromasi di era globalisasi saat ini dikesampingkan dalam hal mencapai tujuan pendidikan maka hal itu merupakan kesalahan yang besar, justu dengan adanya perkembangan informasi saat ini pendidikan dan pembelajaran akan menjadi pionir bahkan kebutuhan utama dalam setiap membangun karakter dan kultur budaya di tengah-tengah era globalisasi yang begitu cepat saat ini, paradigma pendidikan dan pembelajaran akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman,tentunya akan memnunculkan berbagai inovasi dan gagasan – gagasan pendidikan dan pembelajaran yang efektif yang nantinya dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan pendidikan khususnya di indonesia.

Pengalaman yang ada di sekolah saya tentang paradigma pendidikan dan pembelajaran saat ini telah berjalan sejalan dengan perkembangan perubahan globalisasi, kebetulan saya mengajar di SMK pada mapel produktif Teknologi Informasi. Pembelajaran yang saya lakukan di sekolah menggunakan tindak lanjut dan keajegan dalam setiap kegiatan peserta didik dirumah. Disekolah saya terdapat beberapa pembelajaran pembiasaan diri sholat duha dan sholat duhur berjamaah, dan ketika peserta didik dirumah maka kegiatan pembiasaan diri tersebut tetap dilakukan dengan kontrol orang tua berupa laporan setiap bulan berupa media elektronik software yang diakses oleh orang tua untuk melaporkan kegiatan anaknya dirumah. Apalagi saat ini berbagai aplikasi online sudah hampir digunakan oleh wali siswa sehingga aplikasi ini dapat berguna bagi proses pembentukan peserta didik baik disekolah maupun dirumah. Selain itu sekolah saya pada pandemi covid ini peserta didik melakukan pembelajaran daring dengan menggunakan elearning sekolah sehingga  kegiatan pendidikan dan pembelajaran tetap dapat dilakukan dengan perkembangan dan berbagai situasi keadaan seperti ini.

Saat ini sekolah saya mengembangkan sistem belajar dengan menggunakan game sebagai bahan ajar siswa, sehingga siswa dapat belajar mandiri dengan game tersebut, sekolah menggunakan game karena melihat perubahan globalisasi saat ini, peserta didik lebih menyukai permainan dari pada membaca buku diperustakaan atau buku-buku pelajaran sehingga inovasi pendidikan berupa game saat ini masih dikembangkan oleh sekolah merupakan wujud bukti adanya pengaruh perubahan globalisasi informasi pada paradigma pembelajaran dan pendidikan disekolah saya.