Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pergeseran Definisi Teknologi Pendiidkan

Pergerseran Defini Tep - Ahmad Syafii,S.Kom,S.Pd


ahmadsyafii.my.id - Kawasan TEP mencakup berbagai macam hal, fasilitas dalam belajar merupakan pendukung dalam proses belajar itu sendiri sehingga dalam setiap proses belajar tentunya perlu adanya fasilitas –fasilitas belajar yang menjadi pendukung untuk mencapai proses belajar itu sendiri. Dengan adanya fasilitas belajar tersebut di mungkinkan adanya kemudahan, dan percepatan belajar untuk lebih mendalami apa dan bagaimana materi yang dipelajari, disamping itu fasilitas belajar membantu dalam sarana dan prasarana belajar, dimaksudkan bahwa fasilitas belajar ini dapat menumbuhkan kesinambungan antara minat belajar, motivasi belajar sehingga belajar lebih tertuju dan terarah. Keterarahan dalam belajar menjadi penting dalam proses belajar karena dalam keterarahan belajar sendiri terdapat berbagai komponen yang dapat mempercepat hasil dan tujuan belajar.

Penggunaan IT saat ini menjadi salah satu pemanfaatan fasilitas belaajr yang tepat, generasi Z saat ini sudah sejak dini mengenal dunia IT bahkan dalam keseharian mereka generasi ini sudah mengenal, atau bahkan menggunakan IT dalam kehiduoan sehari-hari. Terlebih jika penggunaan IT ini dijadikan fasilitas belajar maka ketersinambungan antara proses belaajr dan tujuan belaajr akan tercapai bahkan dapat beriringan sejalann dengan perkembangan IT seperti halnya saat ini ada game edukasi yang berkembang pesat di play store, apple store atau sistem platform yang lain, hal itu merupakan bukti jika fasilitas belajar IT telah selaras berkembang sesuai dengan perkembangan belajar juga. Walaupun perkembangan IT ini tidak sepenuhnya untuk proses belajar akan tetapi setidaknya dalam mencapai tujuan belajar, fasilitas belajar berupa IT seperti android ini dapat menjadi pioneer dalam proses pembelajaran. Beberapa pergerakan defini teknologi pendidikan saat ini dapat dilihat pada tabel dibawah ini :


Dari Tabel diatas menurut analisis saya bahwa kawasan teknologi pendidikan mendatang akan mencakup berbagai hal karena setiap orang membutuhkan pendidikan. Untuk itu perkambangan pendidikan akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan pemikiran dan kebutuhan manusia. belajar merupakan sarana yang tidak bisa terpisahkan dengan perkembangan pemikiran, etos kerja,  manajemen serta sumberdaya manusia sehingga dimana ada manusia pasti membutuhkan pembelaajran. Jika sudah demikian maka pendidikan harus mempunyai cara dan teknik dalam mencapai pendidikan yang tepat sesuai perkembangan manusia, itu itu kedepan teknologi pendidikan menjadi cakupan yang sangat luas mulai dari bagaimana cara desain proses belajar, media pembelajaran, strategi pembelajaran atau bahkan implementasi pembelajaran itu sendiri.