Problematika Belajar dan Pemecahannya
Problematika Pembelajaran - Ahmad Syafii,S.Kom,S.Pd |
ahmadsyafii.my.id - Teknologi Pendidikan memakai pendekatan yang sistematis dalam rangka menganalisis dan memecahkan persoalan proses belajar, Pada dasarnya teknologi pendidikan merupakan sebuah proses dalam keteraturan dalam melakukan analisis dan memecahkan permasalahan proses belajar sehingga tentu dengan adanya teknologi pendidikan ini terdapat berbagai muncul langkah-langkah kongkrit dalam setiap tahapan untuk memecahkan problematika belajar serta analisis belajar baik dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Oleh karenanya keberadaan teknologi pendidikan dalam berbagai tingkat pendidikan mulai tingkat dasar sampai perguruan tinggi selalu dipakai dan selalu dapat diterapkan walaupun berbagai kompleksitas problematika belajar yang beraneka ragam.
Perbedaan teknologi pembelajaran dengan teknologi pendidikan dapat
dibuat Peta Konsep Seperti berikut ini :
Kawasan teknologi pendidikan khususnya tentang hubungan antara unsur
dalam model kawasan
teknologi pendidikan dapat saya analisis bahwa teknologi pendidikan merupakan
sebuah langkah-langkah yang sudah tersistematik baik dari unsur dalam maupun
luar. Yang semua unsur tersebut saling terintegrasi antara satu dengan yang
lain. Dalam kawasan teknologi
pendidikan sendiri terdapat beberapa cakupan yang sistematis pula, sehingga
berbagai unsur setiap kawasan dapat menghasilkan tujuan pendidikan yang
diinginkan. Sistematika pendidikan tersebut akan menjadi muatan dan esensi
pendidikan dalam setiap kebutuhan pendidikan dari setiap kawasan teknologi
pendidikan sehingga ketercapaian dan dan fungsi teknologi pendidikan dapat
terlihat nyata dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Teknologi pembelajaran mengandung unsur saling berhubungan, Setiap
unsur –unsur teknologi pendidikan mempunyai keberagaman fungsi-fungsi yang
berbeda-beda sesuai dengan kawasan dan cakupan masing-masing, keberagaman unsur
itulah akan memunculkan fungsi pada setiap kawasan dan cakupan teknologi
pendidikan. Walaupun keberagaman tersebut terlihat tidak ada keterkaitan
sebelumnya akan tetapi keberagaman unsur tersebut jika dipadukan menjadi sebuah
kawasan dan cakupan akan bertemu pada titik pencapaian keberhasilan dalam
proses pendidikan.
Definisi Teknologi pembelajaran sebenarnya terdapat makna yang sangat
luas, unsur yang ada pada teknologi pembelajaran akan memperkuat teknologi
pembelajaran sebagai suatu bidang
profesi, yang tentunya perlu didukung oleh landasan teori dan praktek yang
kokoh. Kawasan bidang kegiatan dari teknologi pembelajaran itu menekankan
pentingnya proses dan produk. Jika kita amati isi kandungan definisi-definisi
teknologi pembelajaran di atas, tampaknya dari waktu ke waktu teknologi
pemebelajaran mengalami proses “metamorfosa” menuju penyempurnaan. Yang semula
hanya dipandang sebagai alat ke sistem yang lebih luas, dari hanya berorientasi
pada praktek menuju ke teori dan praktek, dari produk menuju ke proses dan
produk, dan akhirnya melalui perjalanan perubahan saat ini teknologi
pembelajaran telah menjadi sebuah bidang dan profesi. Sejalan dengan
perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesat,
khususnya dalam bidang pendidikan, psikologi dan komunikasi maka tidak mustahil
ke depannya teknologi pembelajaran akan semakin terus berkembang dan
memperkokoh diri menjadi suatu disiplin ilmu dan profesi yang dapat lebih jauh
memberikan manfaat bagi pencapaian efektivitas dan efisiensi pembelajaran.